GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

{fbt_classic_header}

Putusan Sidang Adjudikasi Tak Ikuti KPU, Bawaslu Riau Segera ...

Putusan Sidang Adjudikasi Tak Ikuti KPU, Bawaslu Riau Segera ...

Berita Riau Putusan Sidang Adjudikasi Tak Ikuti KPU, Bawaslu Riau Segera Koordinasi dengan Bawaslu RI Bawaslu Riau menyatakan juga tidak akan tinggal di…

Putusan Sidang Adjudikasi Tak Ikuti KPU, Bawaslu Riau Segera ...

Berita Riau

Putusan Sidang Adjudikasi Tak Ikuti KPU, Bawaslu Riau Segera Koordinasi dengan Bawaslu RI

Bawaslu Riau menyatakan juga tidak akan tinggal diam. Dalam waktu dekat, pihak Bawaslu Riau akan melakukan koordinasi dengan Bawaslu RI.

Putusan Sidang Adjudikasi Tak Ikuti KPU, Bawaslu Riau Segera Koordinasi dengan Bawaslu RItribunpekanbaru/M_NatsirIlustrasi

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Alexander

TRIBUNPEKANBARU.COM -- Setelah Badan Pengawas Kabupaten Pemilu (Bawaslu) Indragiri Hulu dan Kampar memutuskan kelanjutan pencalonan sejumlah Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) melalui sidang adjudikasi beberapa wak tu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menyatakan tidak akan terpengaruh dan akan tidak akan menetapkan 10 Bacaleg tersebut dalam Daftar Calon Tetap (DCT), kecuali ada putusan Mahkamah Agung (MA) yang membuat PKPU 20 tahun 2018 tidak berlaku lagi.

Menyikapi hal itu, Bawaslu Riau menyatakan juga tidak akan tinggal diam. Dalam waktu dekat, pihak Bawaslu Riau akan melakukan koordinasi dengan Bawaslu RI.

"Dalam waktu dekat kami akan melakukan koordinasi dengan Bawaslu RI," kata salah seorang Komisioner Bawaslu Riau, Neil Antariksa kepada Tribun, Sabtu (8/9).

Baca: Selama 6 Bulan, 78 Orang Masuk Penjara Gara-gara Narkoba di Siak

Dikatakan Neil, dalam amar putusan yang diputuskan tanggal 5 September 2018 kemaren, Bawaslu Kampar dan Indragiri Hulu memerintahkan agar KPU menerima dan memasukkan kembali 10 orang Bacaleg ke dalam Daftar Calon Sementara (DCS) dan dinyatakan Memenuhi Syarat (MS).

Sebelumnya, 3 orang Bacaleg di Kab upaten Kampar, dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) oleh KPU Kampar.

Selain di Kabupaten Kampar, 7 orang Bacaleg juga dinyatakan Memenuhi Syarat oleh Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu.

Pada tanggal 20 Agustus 2018, Bawaslu Kabupaten Inhu telah melakukan panggilan mediasi. Pada tanggal 23 Agustus 2018, Bawaslu Inhu melakukan pemanggilan kedua untuk sidang pertama yaitu pembacaan dan jawaban pemohon dan termohon (KPU), sidang dilakukan pada tanggal 28 Agustus 2018.

Tanggal 30 Agustus 2018, Sidang Pembuktian, tanggal 3 September 2018 sidang Kesimpulan, dan pada tanggal 5 September 2018 Bawaslu Kabupaten Inhu mengeluarkan surat putusannya.

Baca: Resmi Diluncurkan, Berikut Foto Hasil Kamera Nokia 6.1 Plus

Dasar putusan Bawaslu dalam menetapkan 10 orang tersebut MS yakni berdasarkan UUD 45, UU No.7 tahun 2017 pasal 240, serta Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang berbunyi, mantan narapidana berhak mencalonkan diri.

Hala man selanjutnya 12
Penulis: Alex Editor: Ariestia Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Sang Adik Buka Suara Soal Isu Ahok akan Menikah dengan Polwan Sumber: Berita Riau

No comments