VIDEO: Riau Mulai Khawatir Ancaman Kekurangan Pangan | Liputan 24 Riau
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

VIDEO: Riau Mulai Khawatir Ancaman Kekurangan Pangan

Posted by On 3:35 AM

VIDEO: Riau Mulai Khawatir Ancaman Kekurangan Pangan

Berita Riau

VIDEO: Riau Mulai Khawatir Ancaman Kekurangan Pangan

"Jadi kekhawatiran kita muncul apalagi nantinya Sumbar dan Sumut sebagai penyuplai utama beras Riau terjadi bencana kayak Lombok. Dua daerah

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU- Kondisi Riau yang hingga saat ini masih bergantung beras ke daerah tetangga membuat kekhawatiran pemerintah setempat. Pasalnya, jika terjadi sesuatu pada daerah penyuplai maka Riau terancam pangan.

Hal ini tidak bisa dipungkiri apalagi daerah pemasok beras utama Riau Sumatra Barat dan Sumatra Utara daerah yang sering terjadi bencana terutama Gempa bumi karena berada pada garis lempeng dan daerah keretakan gempa.

"Jadi kekhawatiran kita muncul apalagi nantinya Sumbar dan Sumut sebagai penyuplai utama ber as Riau terjadi bencana kayak Lombok. Dua daerah ini keretakan gempanya luar biasa lo, "ujar Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Darmansyah kepada Tribun Kamis (30/8).

Baca: VIDEO: Detik-detik Mantan Rektor UIN IB Padang Meninggal Dunia saat jadi Saksi di Persidangan

Baca: VIDEO: Viral Siswi Non Muslim Diwajibkan Pakai Jilbab di Rohul, Pihak Sekolah Gelar Pertemuan

Selain Sumatra Barat dan Sumatra Utara sebagai daerah pemasok paling besar, daerah lainnya yang juga pemasok ke Riau adalah Sumatra Selatan dan hanya sedikit dari Pulau Jawa.

"Makanya memang jadi ancaman nantinya kalau terjadi bencana, kita belum bisa Penuhi kebutuhan beras kita sendiri, dan bahkan masih jauh dari kebutuhan, "ujar Darmansyah.

Karena lanjut Darmansyah kebutuhan beras Riau setahunnya mencapai 660000 ton sedangkan yang bisa disediakan di Riau melalui lahan persawahan di Riau hanya 247.200 ton.

< p>" Artinya kita masih kekurangan 64 persen dari luar Provinsi Riau dan harus lancar pasokannya dari daerah pemasok, "jelas Darmansyah.

Maka Darmansyah berharap dengan ketergantungan beras Riau ke daerah lain saat ini hendaknya jangan sampai te jadi bencana yang melanda daerah tersebut karena akan dirasakan langsung dampaknya oleh Riau.

" Jadi jangan sampai te jadi bencana kalau harapan kita di Riau, karena akan mengancam Riau nantinya, "ujar Darmansyah.

Memang saat ini Riau memiliki beberapa daerah yang merupakan penghasil beras dan kedepannya akan terus dilakukan perluasan lahan, seperti Kabupaten Siak, Indragiri Hilir, Rokan Hilir, Kampar dan Pelalawan.

" Cuma kan belum dapat menutupi kebutuhan lainnya dan bahkan daerah mereka sendiri belum bisa dipenuhi, "ujar Darmansyah.

Penulis: Nasyuha Editor: David Tobing Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Guru SD di Bangka Tewas Dibunuh Suami Keduanya yang 10 Tahun Lebih Muda, Terungkap Motif Pelaku Sumber: Berita Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »