VIDEO: Kata Wagub Inilah Kado HUT Riau Tahun Ini | Liputan 24 Riau
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

VIDEO: Kata Wagub Inilah Kado HUT Riau Tahun Ini

Posted by On 3:33 AM

VIDEO: Kata Wagub Inilah Kado HUT Riau Tahun Ini

VIDEO: Kata Wagub Inilah Kado HUT Riau Tahun Ini

Pemerintah Provinsi Riau sebenarnya sudah memiliki Perda muatan lokal. Namun baru untuk sekolah saja sedangkan

Laporan Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.com, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau sebenarnya sudah memiliki Perda muatan lokal.

Namun baru untuk sekolah saja sedangkan untuk penerapan Muatan Lokal di ruang publik belum ada payung hukum hanya sebatas pergub.

Untuk itu Pemprov Riau ingin membuat regulasi dalam bentuk Perda terhadap penerapan Muatan Lokal Budaya Melayu Riau untuk diterapkan di non pendidikan (ruang publik).

Menurut Wakil Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim penerapan bahasa dan budaya Melayu Riau ini akan menyasar pusat keramaian, seperti bandara, hotel, pusat perbelanjaan dan sejenisnya.

Baca: DPRD Rohul Minta Pemerintah Tindak Tegas Dugaan Pelanggaran Perkebunan Rokan Blok

Namun ketika ada penerapan tersebut harus ada dasar pijakan hukum, maka regulasi itulah nantinya ruang publik diwajibkan untuk menerapkan bahasa dan Budaya dan ciri khas Melayu Riau di ruang publik.

"Sebenarnya kami sudah sepakati untuk disusun revisi Pergubnya, penguatan di bidang pendidikan dan Pergub penerapan bahasa dan Budaya Melayu non pendidikan atau ruang publik,"jelas Wagub.

Maka untuk membuat regulasi itu menurut dia perlu dilakukan kesamaan visi dengan penerapan aturan sama di setiap kabupaten/kota.

Pemprov Riau akan menyegerakan rapat koordinasi khusus dengan seluruh perwakilan elemen masyarakat dan pemerintah di kabupaten/kota se Riau.

"Kita sudah mengagendakan digelar Agustus nanti rapat kordinasi bersama Kabupaten/Kota, "ujarnya.

Baca: Gadis Ini Selamatkan 6 Orang yang Ingi n Bunuh Diri Lewat Tulisan

Selanjutnya akan dilakukan sosialisasi penerapan Mulok Budaya Melayu Riau ke pemangku kepentingan lainnya. Seperti di sektor pariwisata kuliner rumah makan, restoran, pramuwisata, perhotelan dan pusat perbelanjaan.

" Seperti di hotel itu nanti ada tampilan Melayu dan diiringi dengan musik-musik Melayu, kuliner Melayu dan lainnya. Ini sampena dengan momentum ulang tahun Riau ke 61 tahun, dan hadiah ulang tahun Riau nanti, "ujarnya.

Saat ini memang sudah dimulai dengan penerapan pengumuman dengan berbahasa melayu di Bandara, namun untuk menerapkan pada semua instansi swasta harus ada regulasi yang mengikat sebagai pijakan.

" Makanya kita butuh aturan yang mengatur tentang itu,"jelas Wan Thamrin Hasyim.

Penulis: Nasyuha Editor: David Tobing Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Bule Tampar Petugas Imigrasi karena Denda Rp57 Juta, Hotman Paris: Memalukan! Penjara dan Deportasi Sumber: Berita Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »