RJCI: Mending Gelar Acara Syukuran Blok Rokan Ketimbang ... | Liputan 24 Riau
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

RJCI: Mending Gelar Acara Syukuran Blok Rokan Ketimbang ...

Posted by On 10:45 PM

RJCI: Mending Gelar Acara Syukuran Blok Rokan Ketimbang ...

RJCI: Mending Gelar Acara Syukuran Blok Rokan Ketimbang Deklarasi #2019GantiPresiden di Riau

Rumah Nawacita Relawan Jokowi Center (RJCI) menilai deklarasi tersebut tidak lebih dari sekadar agendya politik

RJCI: Mending Gelar Acara Syukuran Blok Rokan Ketimbang Deklarasi #2019GantiPresiden di RiauistKetua Umum Dewan Eksekutif Nasional (DEN) RJCI, Raya Desmawanto MSi,

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Rencana bakal digelarnya deklarasi #2019GantiPresiden di Kota Pekanbaru, Riau mendapat tanggapan beragam dari sejumlah kalangan.

Rumah Nawacita Relawan Jokowi Center Indalonesia (RJCI) menilai deklarasi tersebut tidak lebih dari sekadar agendya politik yang terlalu prematur, ambisi us, menggebu-gebu dan kontraproduktif.

Baca: RJCI Berharap Publik Tidak Politisasi Siapapun yang Ditunjuk jadi Pengelola Blok Rokan

RJCI menilai di tengah suasana politik yang stabil di Provinsi Riau, aksi-aksi politik partisan dan oposan lebih baik tidak digelar lewat pengerahan massa, karena akan memicu kontraproduktif masyarakat Riau. Perbedaan pandangan dan pilihan politik jangan sampai membuat pembelahan sosial di tengah masyarakat semakin tajam.

Baca: RJCI Usulkan Konsep Amnesti Agraria, Jalan Keluar Negara Hadapi Konflik Agraria

"Saya kira gerakan politik deklarasi tersebut, lebih baik diundur saja sampai saatnya dilakukan pilpres. Kita sudah tahu apa motifnya. Terlalu prematur untuk bikin agenda gerakan politik seperti itu. Justru akan membuat suasana sejuk di Riau, bisa jadi panas. Harus dipertimbangkan mudarat dan manfaatnya untuk masyarakat," tegas Ketua Umum Rumah Nawacita RJCI, Raya Desmawanto MSi p ada Selasa (21/8/2018).

Baca: RJCI: Reformasi Melahirkan Demokrasi Ugal-ugalan dan Otonomi Daerah yang Liar

Raya Desmawanto menegaskan, soal rencana deklarasi #2019GantiPresiden adalah merupakan domain dari pemerintah daerah dan aparat keamanan. Menurutnya, pemerintah daerah bersama kepolisian harus menghitung ekses dari acara tersebut.

Pro kontra digelarnya aksi politik tersebut harus dipertimbangkan dengan matang oleh pemda dan aparat kepolisian.

"Kami mempercayakan kepada pemda Pekanbaru dan pemprov Riau serta institusi kepolisian mengambil langkah-langkah yang paling tepat dan bijak soal rencana deklarasi tersebut. Dalam hal ini, pemda dan kepolisian memiliki kewenangan konstitusi untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Kita bisa cermati kejadian sebelumnya di daerah lain, agar tidak terjadi di Riau," tegas Raya.

Baca: RJCI Ingatkan ASN Fokus Jadi Pelayan Publik, Tak Perlu Larutkan Diri dalam Sentimen Politik

Menurut Raya, gerakan politik #2019GantiPresiden di Riau tidaklah relevan. Masyarakat Riau telah menimbang bahwa selama ini kebijakan dan program nasional pemerintahan Jokowi di Riau sudah berjalan baik dan dapat dirasakan langsung manfaatnya.

Mulai dari pelaksanaan proyek-proyek strategis nasional, seperti jalan tol dan pelabuhan.

Belum lagi program sertifikasi tanah gratis, perhutanan sosial, replanting kelapa sawit dan program-program populis lainnya di Riau.

Baca: Kedatangan Jokowi Disambut Demonstrasi, RJCI Justru Ajak Warga Bergembira di Pekanbaru Fiesta

"Masyarakat di Riau telah menikmati program nasional di era pemerintahan Presiden Jokowi. Sehingga provokasi adanya gerakan ganti presiden itu tidak akan signifikan. Masyarakat Riau sudah dewasa dan bosan dengan cara-cara seperti itu," tegas Raya yang juga Ketua Dewan Pembina Barisan Mahasiswa Jokowi (BMJ).

Raya justru mengusul kan, sebaiknya masyarakat menggelar acara syukuran telah kembalinya Blok migas Rokan ke pemerintah Indonesia melalui PT Pertamina.

Baca: RJCI Gelar Pekanbaru Fiesta, Ciptakan Suasana Sejuk di Tahun Demokrasi

Keputusan untuk mengakhiri masa kontrak Chevron selama 50 tahun di Blok Rokan tersebut adalah keputusan heroik dan monumental serta akan berdampak untuk masyarakat Riau.

Apalagi, pemerintah pusat akan memberikan porsi yang optimum bagi pemerintah daerah untuk ikut ambil bagian dalam pengolahan ladang minyak terbesar di Tanah Air ini.

"Idealnya kita menggelar acara syukuran kembalinya Blok Rokan ke pelukan Ibu Pertiwi. Ini lebih relevan dan kontekstual. Ketimbang gerakan gonta ganti tersebut," pungkas Raya. (*)

Editor: B udi Rahmat Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Atlet Jepang yang Sewa PSK di Blok M Minta Maaf dan Ceritakan Kronologinya hingga Dipergoki Wartawan Sumber: Berita Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »