Riau Miliki Tiga Science Techno Park | Liputan 24 Riau
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Riau Miliki Tiga Science Techno Park

Posted by On 5:01 AM

Riau Miliki Tiga Science Techno Park

JawaPos.com - Riau memiliki tiga science techno park. Ketiga kawasan yang dikelola secara profesional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu masing-masing berada di Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Siak.

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rahman mengatakan, Riau terkenal dengan daerah penghasil energi fosil. Riau juga telah mulai mengembangkan dan menggunakan energi baru terbarukan. Terutama bioetanol yang diolah dari limbah tanaman sawit.

"Maka dari itu, diharapkan inovasi di bidang pangan dan energi akan ber kembang pesat. Mengingat saat ini di Riau ada tiga science techno park," kata Andi saat acara pembukaan Hari Teknologi Nasional (Hakteknas) di Balai Serindit Gubernuran Riau, Pekanbaru, Riau, Jumat (10/8).

Untuk Riau Science Techno Park di Kabupaten Kampar, fokus pengembangannya pada bidang pangan khas Riau. Di antaranya sagu, kelapa, nenas maupun ikan.

"Kami telah mendeklarasikan Sagu Riau menyapa dunia. Riau Provinsi Sagu. Saat ini produk berbasis sagu mulai berkembang dan mudah diperoleh. Baik mie sagu, beras sagu, dan lain-lain," sebutnya.

Kemudian Teknopolitan di Kabupaten Pelalawan, fokus di bidang industri hilir kelapa sawit. Selanjutnya, Taman Teknologi Pertanian di Kabupaten Siak. Science techno park ini fokus pada pengembangan penyediaan benih padi, hortikultura, dan bibit ternak. "Dengan keberadaan tiga Science Techno Park ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian masyarakat," harap Andi.

Sejak tiga tahun terakhir, kesejahteraan masyarakat Riau sudah mengalami peningkatan. Hal itu dapat dilihat dari meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan menurunnya persentase penduduk miskin.

Berdasarkan data, IPM Riau mencapai 71,79 persen pada 2017. Angka itu lebih tinggi dari IPM Nasional. Begitu juga dengan jumlah penduduk miskin. Pada 2015, jumlah penduduk miskin di Riau mencapai 8,82%. Lalu mengalami penurunan menjadi 7,41 % pada 2017.

"Ini merupakan dampak dari penerapan inovasi adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Selama 3 tahun terakhir, kesejahteraan masyarakat di Riau menunjukkan peningkatan yang sangat berarti," tutup Andi.

(ica/JPC)

Sumber: Berita Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »