Jaksa Kembalikan Berkas Penyidikan Dugaan Tipikor Pipa ... | Liputan 24 Riau
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Jaksa Kembalikan Berkas Penyidikan Dugaan Tipikor Pipa ...

Posted by On 12:26 PM

Jaksa Kembalikan Berkas Penyidikan Dugaan Tipikor Pipa ...

Jaksa Kembalikan Berkas Penyidikan Dugaan Tipikor Pipa Transmisi Inhil ke Polda Riau

ejati Riau kembali menerima pelimpahan berkas atau tahap I dalam proses penyidikan dugaan Tipikor pengadaan pemasangan pipa transmisi di Tembilahan,

Jaksa Kembalikan Berkas Penyidikan Dugaan Tipikor Pipa Transmisi Inhil ke Polda RiauTribun Pekanbaru/KOLASEKolase Korupsi

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Ilham Yafiz

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU-Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau kembali menerima pelimpahan berkas atau tahap I dalam proses penyidikan dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pengadaan pemasangan pipa transmisi di Tembilahan, Indragiri Hilir (Inhil) dari penyidik Polda Riau.

Diterimanya berkas penyidikan (tahap I) ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya kejaksaan juga telah menerima pelimpahan berkas untuk diteliti. Hasionya berkas dikembalikan dengan petunjuk karena belum lengkap.

Baca: Pemerintah Harus Transparan Terkait Pengelolaan Blok Rokan, Cecep: Publik Berhak Terlibat

"Berkas perkara kita kembalikan ke penyidik dengan petunjuk yang harus dilengkapi," ungkap Kepala Seksi Penerangan Hukum (KasiPenkum) dan Humas Kejati Riau, Muspidauan.

Dalam kasus ini, Polda Riau melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) telah menetapkan dua orang tersangka. Mereka adalah Sabar Stevanus P Simalonga selaku Direktur PT Panatori Raja yang merupakan pihak rekanan, dan Edi Mufti BE selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Baca: Sempat Terendap di Kasda Hingga Rp 113, DAKDR Akhirnya Bisa Digunakan untuk Ini

Sebelumnya, penyidik melimpahkan berkas perkar a ke Jaksa Peneliti atau tahap I pada 30 April 2018 silam. Atas berkas itu, Jaksa menelaah berkas untuk meneliti syarat formal dan materil perkara. Hasilnya, Jaksa menyatakan berkas perkara belum lengkap.

Penyidik kembali berupaya melengkapi berkas perkara, terutama terkait petunjuk yang diberikan Jaksa. Merasa telah melengkapi, penyidik menyerahkan berkas perkara untuk ditelaah kembali, hasilnya berkas belum dinyatakan lengkap.

"Penyerahan tahap I kedua itu dilakukan pada pekan kemarin, tanggal 26 Juni 2018 kemarin. Itu untuk kedua tersangka," paparnya.

Baca: Live Streaming MotoGP Belanda 2018 di Trans7 19.00 WIB, Ini Urutan Pembalap di Sirkuit Assen

Saat disinggung mengenai petunjuk yang pernah diberikan Jaksa Peneliti sebelumnya, mantan Kasi Datun Kejari Pekanbaru itu mengatakan, penyidik diminta untuk menambahkan keterangan saksi lain di berkas perkara.

Sementara itu, proyek milik Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau tahun 2013 ini, menghabiskan dana sebesar Rp 3.415.618.000. Proyek ini ditengarai tidak sesuai spesifikasi.

Baca: Live Streaming MotoGP Belanda 2018 di Trans7 19.00 WIB, Ini Urutan Pembalap di Sirkuit Assen

Pekerjaan tersebut dimulai 20 Juni 2013 sampai dengan 16 November 2013, sementara pada akhir Januari 2014 pekerjaan belum selesai.

Dalam kontrak pada Rencana Anggaran Belanja (RAB), tertera pekerjaan galian tanah untuk menanam pipa, tetapi dalam pengerjaannya, pipa tidak ditanam, melainkan ditempatkan di atas permukaa tanah. (*)

Penulis: Ilham Yafiz Editor: Budi Rahmat Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Gadis Tunawicara di Polewali Mandar Babak Belur Usai Duel dengan Pria y ang Hendak Memperkosanya Sumber: Berita Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »