5 CJH Riau Tidak Penuhi Syarat Kesehatan untuk Berangkat | Liputan 24 Riau
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

5 CJH Riau Tidak Penuhi Syarat Kesehatan untuk Berangkat

Posted by On 4:31 AM

5 CJH Riau Tidak Penuhi Syarat Kesehatan untuk Berangkat

5 CJH Riau Tidak Penuhi Syarat Kesehatan untuk Berangkat

Secara persentase kesehatan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Riau dengan Risiko Tinggi (Risti) tahun ini mengalami penurunan

5 CJH Riau Tidak Penuhi Syarat Kesehatan untuk BerangkatTRIBUNPEKANBARU.COM/FERNANDO SIKUMBANGIlustrasi

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Nasuha Nasution

TRIBUNPEKANBARU.COM, PEKANBARU - Secara persentase kesehatan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Riau dengan Risiko Tinggi (Risti) tahun ini mengalami penurunan bila dibandingkan tahun 2017 silam.

Tahun ini jumlah CJH dengan Risti hanya 73,93 persen sedangkan tahun lalu mencapai 82 persen.< /p>

Ini disebabkan Pada tahun 2018 ini juga terjadi perubahan kebijakan oleh Kementerian Agama dimana hasil pemeriksaan kesehatan menjadi syarat pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) dan bagi jemaah haji yang tidak istithaah (Memenuhi syarat kesehatan) tidak dapat melunasi BPIH serta penetapan pelunasan yang dipercepat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga terjadi perubahan dalam pencatatan hasil pemeriksaan kesehatan jemaah haji dari menggunakan Buku Kesehatan Jemaah Haji (BKJH) menjadi Kartu Kesehatan Jemaah Haji (KKJH).

Baca: Inhu Pimpin Perolehan Medali dalam Kejurprov Panjat Tebing

"Kita bersyukur juga erubahan kebijakan tersebut cepat di adapatasi oleh Tim Penyelenggaran Kesehatan Jemaah di Provinsi maupun di Kabupaten sehingga tidak menjadi hambatan dan masalah dalam penyelenggaraan kesehatan haji, "ujar Mimi Yuliani Nazir kepada Tribun Kamis.

Menurutnya secara keseluruhan kondisi kesehatan jemaah haji, jemaah haji Risti masih cukup tinggi yaitu sebesar 73,93 persen. Hal ini tentunya beban petugas kesehatan haji yang mendapingi jemaah di kloter maupun PPIH.

"Selain itu suhu yang cukup tinggi di Arab Saudi akan memperburuk kondisi kesehatan jemaah haji risti apabila tidak dijaga dengan baik. Juga berita dari Kementerian Kesehatan bahwa Mers-CoV juga masih menjadi ancaman bagi jemaah haji," jelas Mimi Yuliani Nazir.

Baca: Cak Imin Masuk Dalam Daftar Lima Nama Calon Wakil Presiden Jokowi

Sesuai hasil tes kesehatan Calon Jemaah Haji (CJH) Riau, yang Memenuhi Syarat hanya 927 atau 17,48 persen dan Memenuhi Syarat dengan Pendampingan sebanyak 4353 atau 82,10 persen.

" Tidak Memenuhi syarat sementara 17 orang dan tidak memenuhi syarat 5 orang dimana ada yang menderita Kanker stadium IV, Dimensia, Hamil dan Gagal Ginjal, "jelas Mimi.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Nasyuha Editor: Ariestia Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Remaja Tewas Dipatuk Ular, Ternyata Pernah Tanya Panji Petualang Hal Janggal soal King Cobranya Sumber: Berita Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »