Pigubri Bersih, Satgas Anti Politik Uang Lakukan Patroli, Bawaslu ... | Liputan 24 Riau
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Pigubri Bersih, Satgas Anti Politik Uang Lakukan Patroli, Bawaslu ...

Posted by On 6:49 AM

Pigubri Bersih, Satgas Anti Politik Uang Lakukan Patroli, Bawaslu ...

Pilgub Riau 2018

Pigubri Bersih, Satgas Anti Politik Uang Lakukan Patroli, Bawaslu Riau Bangun Warung Pengawasan

Guna mendukung pengawasan, Bawaslu Riau membuat Warung Pengawasan. Warung akan maksimal menampung pengaduan masyarakat akan aktivitas money politik

Pigubri Bersih, Satgas Anti Politik Uang Lakukan Patroli, Bawaslu Riau Bangun Warung PengawasanistKapolda Riau dan Bawaslu melakukan patroli money poltik di tiga tempat di Pekanbaru

Laporan Wartawan Tribunpekanbaru.com, Ilham Yafiz

TRIBUNPEKANBARU.COM,PEKANBARU- Tiga hari menjelang hari pencoblosan Pilkada Provinsi Riau, Tim patroli Satuan Tugas (Satgas) anti Money Polit ik melakukan patroli dan razia serta sosialisasi anti politik ke sejumlah tempat di Pekanbaru Minggu (24/6/2018) sore.

Tim patroli juga diikuti Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang, Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan, Kepala Bin Daerah (Kabinda) Riau, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Rakhman Haryadi serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Riau.

Baca: Inilah Analisa Staf BPCB Wilayah Sumbar Riau dan Kepri Terkait Kebakaran Makam Motah di Inhu

Patroli dilakukan tim di tiga titik. Pertama di RTH Kaca Mayang, kedua di kawasan Sukajadi, Jalan Ahmad Yani. Patroli dan razia ini akan berlangsung hingga 27 Juni mendatang, atau tepat pada hari H pencoblosan.

Guna mendukung pengawasan, Bawaslu Riau membuat Warung Pengawasan.

Fungsi warung ini akan maksimal menampung pengaduan masyarakat akan aktivitas money politik jelang pencoblosan atau aksi serangan fajar.

Baca: Terungkap, Inilah Pria yang Merekam KM Sinar Bangun T erbalik sebelum Karam dan Kecewanya. .

"Nanti kalau ada ditemukan pelanggaran, laporkan saja ke sini. Foto orangnya, catat nomor kendaraanya, laporkan," ujar Kapolda kepada masyarakat yang bercengkrama di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kaca Mayang.

Lebihlanjut ia menyebut bahwa potensi terjadinya politik uang di Riau masih ada. Potemsi ini akan diminimalisir dengan menggelar patroli oleh satgas anti Money Politik.

Baca: Pilgubri 27 Juni 2018, Ingat! Inilah Nomor Urut Pasangan Calon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur

"Kita selaku pengaman, bukan hanya patroli. Kita lakukan juga razia pemeriksaan. Nanti kerja sama dengan TNI," tegasnya.

Patroli ini juga dilakukan di semua kabupaten/kota di Riau. Tim juga akan melakukan razia kendaraan. Ini dilakukan guna meminimalisir terjadinya mobilisasi barang ataupun uang untuk digunakan sebagai money politik.

"Kita lakukan pemeriksaan kendaraan yang mencurikan m embawa barang atau sesuatu untuk mempengaruhi masyarakat memilih salah satu calon. Kalau kedapatan, akan kita tindak," tegasnya.

Kapolda Riau dan Bawaslu melakukan patroli Money Politik di tiga lokasi di Pekanbaru
Kapolda Riau dan Bawaslu melakukan patroli Money Politik di tiga lokasi di Pekanbaru (ist)

Baca: Ketua PKBR Imbau Masyarakat Khususnya Masyarakat Batak Gunakan Hak Pilih Pilgubri 2018

Pasangan calon yang diketahui melakukan politik uang akan ditindak tegas sanksi Diskualifikasi sebagai peserta Pilkada. Sanksi ini juga dilakukan jika paslon tidak terlibat langsung.

"Siapapun pasangan calonnya, kalau melanggar, ditindak. Kalau politik uang, si pemberi dan penerima diberikan sanksi. Sanksinya sama. Walaupun pasangan calonnya tidak terlibat langsung dalam money politik ini, tapi yang melakukan adalah tim kampanyenya, maka tetap pasangan calon didiskualifikasi," tandasnya.

Baca: Pria Ini Mencoba Menyelam dan Rekam Kondisi Dasar Danau Toba, Mengejutkan Ternyata

Politik uang atau money politik akan ditindak tegas juga dengan sanksi pidana. Pemberi dan penerima akan dijerat pasal 187 UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada, dengan ancaman hukumannya 72 bulan penjara, dan denda Rp 200 juta sampai Rp 1 miliar.(*)

Penulis: Ilham Yafiz Editor: Budi Rahmat Sumber: Tribun Pekanbaru Ikuti kami di Gara-gara Takut Dicopet, Wanita Tewas usai Lompat dari Angkot di Kelapa Gading Sumber: Berita Riau

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »